<![CDATA[Helloims - Parenting]]>Fri, 30 Apr 2021 20:21:11 +0700Weebly<![CDATA[Yuk Ajarkan Anak untuk Mencegah Cacingan dengan Konvermex]]>Wed, 17 Feb 2021 16:49:24 GMThttp://helloims.com/parenting/yuk-ajarkan-anak-untuk-mencegah-cacingan-dengan-konvermexSebagai orang tua, aku sangat senang ketika melihat anakku aktif bermain dan tidak takut mencoba melakukan hal baru. Namun, aku juga tipe orang tua yang sangat protektif terhadap masalah kebersihan dan kesehatan. Apalagi jika anak bermain di luar rumah, memegang tanah atau penasaran dengan genangan air bekas hujan. Duh, rasanya ingin langsung mengajak anak masuk ke dalam rumah deh. 

Salah satu hall yang paling aku khawatirkan adalah cacingan. Pada umumnya cacingan ini disebabkan oleh cacing kremi yang masuk ke dalam tubuh. Kemudian masuk ke sistem pencernaan, bertelur di sekitar anus dan hal inilah penyebab mengapa anak cacingan sering merasakan gatal di sekitar anus.

Saat bermain, tangan si kecil bisa saja tanpa sengaja menyentuh mainan atau benda benda yang terinfeksi cacing, kemudian menempel di tangan dan tanpa disadari tertelan.

Dan ternyata siklus cacingan ini juga bisa berulang dan bisa menimbulkan masalah-masalah lain seperti kurangnya asupan gizi yang baik dan akhirnya bisa berujung terjadinya stunting. 

Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun juga bisa mengalami cacingan. Oleh karena itu, pencegahan sangat perlu untuk dilakukan supaya terhindar dari cacingan. Apa saja sih pencegahannya?
  • Mengganti sprei dan handuk secara rutin
  • Mencuci tangan setelah bermain dan sebelum makan
  • Memotong kuku secara rutin 
  • Minum obat cacing setiap 6 bulan sekali, salah satu obat cacing untuk keluarga andalanku yaitu konvermex
Kesadaran akan pencegahan ini juga membuatku memberi pengetahuan kepada anakku jika kita harus menjaga kesehatan dan kebersihan untuk mencegah cacingan. Karena anak-anak harus diberitahu dengan gaya bahasa dan penyampaian yang menyenangkan, aku coba menjelaskan dengan cara bermain game membasmi si cacing cacing jahat yang mencuri nutrisi.

Emang ada game itu? Ada dong, gamenya itu ialah Konvermex #AyoSalingJaga Filter Challenge. Melalui filter challenge ini, konvermex dan @panduanbunda ingin kita sebagai orang tua mengajak anak untuk mengetahui mengenai cacing-cacing jahat penyebab infeksi yang harus kita basmi.

Cara bermainnya sangat mudah, kita hanya perlu mengedipkan mata untuk menggerakkan konvermex membasmi cacing penyebab infeksi cacingan.

Yuk moms ajak si kecil bermain Konvermex #AyoSalingJaga Filter Challenge. Moms tinggal buka instagram @panduanbunda kemudian cek highlight #AyoSalingJaga untuk informasi lengkapnya. Kemudian pilih filter di profile instagram @panduanbunda pilih konvermex dan try it!

Moms juga bisa mengikuti challenge ini lebih dari satu kali loh, sampai moms mendapatkan poin tertinggi supaya mendapatkan hadiah e-wallet dengan total hadiah Rp 2.500.000. Yuk ajak si kecil bermain sambil belajar melalui Konvermex #AyoSalingJaga Filter Challenge di instagram @panduan bunda.

]]>
<![CDATA[Rekomendasi Mainan Anak 2 Tahun+]]>Sat, 23 Jan 2021 15:52:00 GMThttp://helloims.com/parenting/rekomendasi-mainan-anak-2-tahun
Siapa yang suka bingung kalo mau beliin anak mainan? Atau kamu tipe yang beliin mainan apa aja atau semaunya anak?

Kalo aku pribadi, sebelum membeli mainan anak aku selalu memastikan hal-hal yang penting menurutku, apa aja sih?

  1. Sesuai dengan usia anak
  2. Bahan yang aman untuk anak
  3. Sesuai dengan kesukaan anak
  4. Nilai edukasi pada mainan 
  5. Harga yang terjangkau

Lima hal itu menjadi panduan aku memilih mainan untuk khansa. Dari lima hal itu, nilai edukasi pada mainan merupakan salah satu hal yang paling penting menurutku. Karena mainan yang mempunyai nilai edukasi akan membantu dalam perkembangan anak seperti perkembangan dalam kemampuan motorik halus, perkembangan bahasa dan perkembangan lainnya.

Salah satu mainan yang aku beli untuk khansa dan menjadi favorite sampe sekarang salah satunya wuffyland.

Wuffyland ini salah satu mainan edukasi handmade dari malang. Kenapa sih jadi favorite? Karena mainan-mainan dari wuffyland ini banyak pilihan yang disesuaikan dengan usia anak. Dan pastinya semua mainannya mempunyai nilai edukasi untuk membantu perkembangan anak. Mainan dari wuffyland apa aja sih yang jadi favorite aku dan khansa?

1. Pretend Play Berjualan Es krim
Kenapa sih memilih mainan pretend play? Karena bermain pretend play ini bermanfaat untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak. Selain itu, pretend play es krim ini juga bisa digunakan untuk belajar menghitung. Satu set dari pretend play ini berisi 5 gambar es krim yang masing-masing ada 4 buah dan 6 kartu menu. Cara bermainnya sangat sederhana, kita mengajak anak untuk seakan-akan kita membeli es krim sesuai dengan salah satu kartu menu dan kita bisa sekalian mengajak anak untuk berhitung jumlah es krim yang ada pada menu tersebut.

2. Pretend Play Berbelanja

Siapa yang sering mengajak si kecil ke supermarket? Yah, permainan ini mengajak anak untuk mengambil dan meletakkan daftar belanjaan yang ada pada kartu list belanjaan untuk ditempel di board trolley. Set ini terdiri dari satu board trolley belanjaan yang dilengkapi dengan magnet, 24 gambar barang belanjaan yang juga dilengkapi dengan magnet.

3. Busy Page Melengkapi Warna

Busy page ini mengajak anak untuk mengenali warna. Cara bermainnya pun sangat sederhana, kita mengajak anak untuk menempelkan dan mengelompokkan  gambar sesuai warna di page yang bergambar toples yang terdiri dari warna yang berbeda-beda.

4. Aktivitas menggunting pretend play salon rambut

Bahaya gak sih anak pegang gunting? Sudah pasti berbahaya, namun jika kita mengawasi dan mengenalkan cara penggunaannya, maka tidak akan berbahaya seharusnya. Paket aktivitas menggunting ini terdiri dari 8 gambar besar yang harus digunting, 4 gambar orang dan stick es krim untuk menempelkan gambar-gambar tersebut.

Selain mengajak anak untuk berimajinasi dan berkreativitas dengan bermain peran salon-salonan, aktivitas menggunting ini juga untuk melatih motorik halus anak, stimulasi kekuatan jemari anak dan juga melatih konsentrasi dan kesabaran saat menggunting. Awalnya memang anak belum terbiasa, malah mamahnya yang asik menggunting sambil diliatin anaknya, hehe. Namun jika dilatih terus anak akan penasaran dan ingin mencobanya sendiri. 
Hasil gambar yang sudah dipotong bisa dipakai untuk bercerita dengan menggunakan wayang atau tokoh dalam cerita tersebut.

Harganya yang terjangkau dan mempunyai nilai edukasi, wuffyland ini menjadi salah satu pilihan produk mainan edukasi yang aku rekomendasikan kepada moms semua. Tidak hanya empat permainan diatas, namun masih banyak juga permainan yang lain. Yang juga seru untuk diberikan kepada si kecil dan pastinya mempunyai nilai edukasinya juga, moms semua bisa langsung saja buka webnya https://wuffyland.com/ atau instagramnya @wuffyland.

Selamat bermaina bersama si kecil :) 

]]>
<![CDATA[Sebelum Memberi MPASI, Yuk Kenali Beberapa Hal Seputarnya!]]>Tue, 24 Dec 2019 05:38:18 GMThttp://helloims.com/parenting/sebelum-memberi-mpasi-yuk-kenali-beberapa-hal-seputarnya
Picture
Photo by kazuend on Unsplash
Excited!

Yah, itu salah satu yang saya rasakan ketika akan memberikan mpasi(makanan pendamping air susu ibu). Deg degan, bingung, semangat, campur baur rasanya.
Sebelum khansa (anak saya) berumur enam bulan, saya rajin baca-baca artikel tentang mpasi, dari mulai informasi kapan sebaiknya diberikan, peralaan untuk memasaknya, sampai ke menunya. Apa hasilnya? Bingung!

​Karena kebingungan itu, saya ingin mencoba membagikan beberapa hal yang berkaitan dengan mpasi tersebut, siapa tau bermanfaat untuk ibu-ibu yang lagi mempersiapkan mpasi, lagi bingung belanja perlengkapan untuk memasak MPASI di mana, atau galau mending menu tunggal atau menu lengkap yah yang diberikan petama kali untuk si kecil.
Kapan sih sebaiknya MPASI diberikan?
MPASI diberikan saat anak berusia 6 bulan, dimana saat 6 bulan rata-rata anak sudah menunjukan tanda kesiapan untuk makan, diantaranya kepala sudah tegak dan mampu duduk tanpa bantuan atau dengan bantuan.

Boleh tidak kalau mpasi diberikan sebelum usia 6 bulan?

Boleh atau tidaknya sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter spesialis anak. Karena jika anak belum siap untuk menerima mpasi, akan menimbulkan beberapa resiko, salah satunya resiko gangguan pencernaan.

Kalau menunda memberikan mpasi?

Sebaiknya mpasi diberikan saat usia 6 bulan, hal ini karena setelah 6 bulan anak membutuhkan nutrisi lebih, terutama zat besi. Hal itu juga akan menimbulkan beberapa resiko salah satunya dapat mengalami malnutrisi.
Well, kapan waktu yang tepat untuk memberikan mpasi sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter spesialis anak yah.

Perlengkapan apa aja sih yang harus dipersiapkan untuk mpasi?


Perlengkapan pertama
, perlengkapan untuk makan, seperti alat makan biasanya, mangkuk, piring, sendok dan gelas, semuanya khusus untuk bayi.

Perlengkapan kedua
, perlengkapan untuk memasak. Saya pribadi memilih untuk memasak menggunakan alat masak biasa yang dipakai sehari-hari.

Alasannya sih supaya hemat, karena harga slow cooker dan food processor lumayan mahal (maklum ibu-ibu perhitungan, hehe). Selain itu food processor juga tidak di rekomendasikan karena penggunaannya bisa mengurangi nutrisi makanan karena panas yang dihasilkan dari alat tersebut.

Beberapa perlengkapan untuk memasak yang disiapkan: panci, kukusan, saringan kawat, parutan keju, talenan dan ulekan/blender. Saat awal mpasi, saya menggunakan blender untuk menghaluskan, tetapi sebenarnya penggunaan blender juga tidak di rekomendasikan karena sama halnya dengan food processor.

Jadinya, kadang pake blender, kadang pake ulekan. Karena khansa sekarang udah 8 bulan dan udah naik tekstur juga, sekarang bahan makanannya gak perlu di blender lagi, cukup di parut sama parutan keju atau dicincang halus.

Dan karena beberapa hari yang lalu kami sekeluarga besar ada acara di luar kota,  akhirnya mau gak mau beli slow cooker deh. Karena memang kalau travelling keluar kota, paling pas dan gak ribet emang bawa slow cooker.

Pertama kali makan mending kasih menu tunggal seperti buah, sayur, atau langsung menu 4 bintang yah? 


Nah ini juga yang bikin sedikit bingung. Banyak yang merekomendasikan kalau sebaiknya diberikan menu tunggal terlebih dahulu, tujuannya untuk lebih gampang mengetahui si anak mempunyai alergi terhadap makanan tertentu. Namun pemberian menu 4 bintang langsung sebenarnya bagus, karena dengan begitu si anak akan mendapatkan asupan gizi secara lengkap.

Sedikit berbagi pengalaman, saat pertama kali mpasi, saya memberikan menu tunggal sehari satu kali makan dan saat hari ketiga saya memberikan dua kali. Setiap hari berbeda-beda, pertama kali saya memberikan bubur beras putih, besoknya kentang, kemudian pisang, brokoli,pepaya. Dan di hari ketiga khansa tidak buang air besar (bab).

Saya pun panik, karena yang saya tau jika sudah masuk mpasi, normalnya si anak harus bab setiap hari. Saya coba untuk mengurangi porsi makan dan pijat ILU, dan tidak berhasil juga, khansa belum bab selama tiga hari.

Karena tambah panik, saya pun langsung ke dokter spesialis anak. Setelah menyampaikan keluhan, sambil cerita kegalauan seorang ibu baru saat anaknya mulai mpasi, dan dokternya pun bilang "wah, ini salah bu".

Baiklah, bersyukur juga datang ke dokter, karena dengan begitu saya tau apa yang seharusnya saya berikan dan saya lakukan.

Hasil kesimpulan dari konsultasi ke dokter ini diantaranya:
  • Pemberian mpasi menu 4 bintang diawal mpasi disarankan karena dengan begitu anak akan tercukupi gizinya. Menu 4 bintang ini terdiri dari karbohidrat, protein nabati, protein hewani dan sayur.
  • Pemberian menu tunggal hanya buah atau sayur sebetulnya itu tidak bisa disebut makan berat tetapi hanya makanan selingan saja
  • Sebaiknya menu makanan di padu padan antara yang tinggi serat dan rendah serat, karena pada bayi jika makanannya terlalu tinggi serat, maka akan menyebabkan sembelit.
  • Pemberian makan saat awal mpasi bisa diberikan dua kali makanan utama dan satu kali selingan. Misal, jam 08.00 makanan utama, jam 13.00 selingan seperti buah, jam 17.00 makanan utama.
  • Tekstur makanan harus diperhatikan, untuk awal mpasi teksturnya lumat/halus, jadi 100% disaring. Selanjutnya sedikit-sedikit untuk naik tekstur.
  • Jika anak sembelit, kasih makanan selingan berupa buah yang mengandung banyak air seperti buah naga, melon,pir, jeruk atau semangka.
  • Anak yang sudah mpasi, normalnya bab setiap hari, maka jika tidak bab harus di evaluasi, apa yang salah misalnya seperti makanannya apakah terlalu tinggi serat, kurang asupan cairan atau tekstur makanannya.

Yap, itu beberapa hal hasil saya berkonsultasi ke dokter. Emang udah tepat kalau panik banget, ya langsung ke ahlinya aja gitu, hehe. 

Dan dokternya pun pro RUM (Rational Use of Medicine), jadi pemberian obat-obatan sesuai dengan kebutuhan saja, tidak sedikit-sedikit kasih obat. Karena bagi saya home treatment adalah hal pertama yang terbaik dilakukan.

Sebagai tambahan, ada beberapa hal yang mesti jadi perhatian saat pemberian mpasi, diantaranya:
  • Alergi, ini penting sih. Jadi kalau anak punya alergi terhadap bahan makanan tertentu, kita harus ingat yah.
  • Sembelit/tidak, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, anaka yang sudah mpasi normalnya bab setiap hari. Jadi kalau sembelit, evaluasi bahan makanan, asupan cairan atau tekstur makanannya.
  • Suka/tidak suka, kalau liat anak makan lahap pasti rasanya seneng dong. Nah dengan tau anak suka/ tidaknya sama makanan tertentu, ini bisa jadi hal penting buat kita membuat menu makanan yang bervariasi.


Baiklah, semoga dengan tulisan ini bisa membantu mengatasi kegalauan, kebingungan atau rasa deg-degan para orang tua baru seperti saya yang anaknya mau mpasi, hehe. Terima kasih sudah membaca.
]]>